Senin, 23 Januari 2017

Memblokir Host Yang Terhubung ke Hotspot Kita Menggunakan Firewall

Om Swastyastu
Kali ini saya kan berbagi tentang bagaimana cara memblok ip yang terhubung ke mikrotik kita menggunakan fitur firewall pada mikrotik.

1.PENGERTIAN

Hasil gambar untuk blokir

Tembok api atau dinding api adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman.Tembok-api digunakan untuk membatasi atau mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini, istilah firewall menjadi istilah lazim yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua macam jaringan yang berbeda. Blokir adalah aksi yang diambil untuk menghentikan orang tertentu mengakses informasi. Jika sebuah situs web mengaktifkan pemblokiran berdasarkan alamat IP pengguna, blokirnya dapat mempengaruhi pengguna lain yang berbagi alamat IP. 

2.LATAR BELAKANG
Latar belakang saya memblok ip yang terhubung di mikrotik saya adalah karena banyak host yang tidak dikenal terhubung ke hotspot kita, maka dari itu saya menghentikan host yang tidak saya kenal untuk tehubung ke hotspot saya.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya memblokir ip yang tidak saya inginkan untuk terhubung ke mikrotik kita adalah agar tidak sembarang host terhubung  ke mikrotik kita sehingga tidak sembarang host dapat terhubung ke hotspot kita.

4.ALAT DAN BAHAN
  • laptop/pc
  • mikrotik yang sudah setting dasar dan dibuat hotspotnya.
5.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu yang dibutukan adalah 20 Menit.

6.TAHAP PELAKSANAAN

-Tahap pertama kita masuk ke mikrotik melalui winbox, kemudian kita connect menggunakan ip



-Kemudian kita kita masuk ke  ip =>DHCP Server => pada menu leasses  kita lihat ip yang ingin kita blok,


-Kemudian kita masuk ke menu ip  =>firewall =>pada menu filter rule kita klik add (+)

-Kemudian pada menu General chain kita pilih forward dan Src.Address kita isikan ip yang ingin kita blok.


-Kemudian pada menu Action kita ganti drop. Ini berarti tindakannya untuk mengakses internet kita hentikan setelah itu kita apply =>ok


-Setelah itu kita lihat pada filter rule maka jika berhasil maka tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.


-Dan jika berhasil di bawah ini adalah bukti jika ip yang kita drop tidak bisa untuk mengakses internet


7.HASIL DAN KESIMPULAN
Hasilnya saya dapat mengblokir ip yang tidak saya kenal agar tidak terhubung ke ke hotspot saya, Banyak sekali fitur-fitur yang dapat kita manfaatkan di mikrotik, salah satunya adalah firewall, pada firewall ini kita dapat melakukan apa saja pada mikrotik kita, contohnya memblokir situs atau ip yang terhubung ke internet kita, dan pada jikapada fitur fiewall ini tidak kita setting maka client tidak akan bisa mengakses internet, karena setelah kita setting firewallnya client akan mendapatkan ip secara otomatis dari hotspot kita.

Cara Kerja Firewall
Firewall berada di antara kedua jaringan seperti internet dan komputer sehingga firewall berfungsi sebagai pelindung. Tujuan utama adanya firewall adalah untuk user yang tidak menginginkan lalu lintas jaringan yang berusaha masuk ke komputer, namun tidak hanya itu saja yang bisa dilakukan firewall. Firewall juga dapat menganalisis jaringan yang mencoba masuk ke komputer anda, dan dapat melakukan apa yang harus dilakukan ketika jaringan tersebut masuk. Contohnya saja, firewall bisa diatur untuk memblokir beberapa jenis jaringan yang mencoba keluar atau mencatat log lalu lintas jaringan yang mencurigakan.

8.REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Blokir_(Internet)
https://id.wikipedia.org/wiki/Tembok_api

Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

Om Shanti Shanti Shanti Om





0 komentar:

Posting Komentar