Selasa, 24 Januari 2017

Konfigurasi VPN (PPTP) pada Mikrotik RB941

Om Swastyastu

Hay Sobat......
Kali ini saya kan berbagi tentang bagaimana cara mengkonfigurasi VPN pada Mikrotik, sebelumnya saya juga sudah membagikan bagaimana cara mengkonfigurasi vpn pada debian server pada postingan saya yang sebelumnya, jika sobat belum tau caranya bisa sobat lihat disini
sebelumnya kita harus tau apa itu vpn....?

1.PENGERTIAN
Hasil gambar untuk vpn
 VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada diluar jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi paket data secara pribadi, dan terenkripsi. Sedangkan PPTP adalah singkatan dari Point-to-Point Tunneling Protocol, dan merupakan sebuah metode dalam implementasi penggunaan VPN. 

2.LATAR BELAKANG
VPN memungkinkan karyawan untuk mengakses perusahaan menggunakan jaringan dengan aman, walaupun karyawan tersebut berada di luar kantor/perusahaan.Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan lokal ke tempat lain juga semakin cepat.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya mengkonfigurasi vpn di mikrotik RB941 adalah agar saya tau bagaimana cara mengkonfigurasi vpn pada mikrotik dan tau perbedaan bagaimana perbedaan mengkonfigurasi mikrotik dan di debian Server.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Mikrotik yang sudah di setting dasar jika belum bisa dilihat disini
  • kabel utp
  • laptop/pc
5.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
Waktu yang dibutuhkan dalam mengkonfigurasi vpn pada mikrotik adalah 1 jam

6.TAHAP PELAKSANAAN
-Tahap pertama kita masuk ke mikrotik kita melalui winbox



-Kemudian kita masuk ke menu ppp=>pada menu interfaces kita klik pptp server


-Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini  kemudian kita aktifkan pptp servernya dengan mencentang pada enabled, kemudian pada Default profile kita ganti Default-encryption,dan pada authentication kita centang semua.


-Kemudian masih pada menu ppp, pada submenu secrets kita klik add (+), Disini kita akan menyetting username dan passwordnya untuk autentifikasi Client yang akan terkoneksi ke PPTP Server,penggunaan huruf besar dan kecil akan berpengaruh. isikan username dan passwordnya, servicenya kita pilih any, profilenya kita ganti dengan default-encryption.
-Pada Local Address kita masukkan ip yang didapat dari mikrotik diatasnya/sumber internetnya
-Pada Remote address kita isikan alamat ipyang akan diberikan pada client.


-Selanjutnya masih pada menu ppp, kita masuk ke menu interfaces =>add (+) => PPTP Client

-Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, maka kita lakukan ke dial pada mikrotik yang berada di atasnya, ip ini kita masukkan ip yang di dapat dari ether1 yang terhubung dengan sumber iinternet. profilenya kita ganti dengan default-encryption kita masukkan user dan password yang sesuai dengan yang sudah kita setting pada pptp server tadi.


-Maka jika sudah berhasil maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.


-Agar antar jaringan bisa saling berkomunikasi,kita perlu menambahkan routing static, dengan cara masuk ke  menu ip =>routes =>add (+)



-pada dst.Address kita isikan jaringan local router lawan,
gatewaynya kita isikan IP PPTP Tunnel pada routernya, kemudian kita apply => ok

-selanjutnya untuk kita perlu membuat Secret baru pada PPTP server untuk autentikasi remote client tersebut.

-Kemudian untuk mengkoneksikannya kita harus membuat koneksi untuk vpnnya, maka kita klik kanan pada icon wirelessnya kemudian kita klik Add


-Kemudian pada choose a connection typenya kita ganti dengan point to point Tunneling Protocol kemudian kita klik Create


--Maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini kita isikan gatewaynya dan username,passwordnya yang sudah kita setting tadi, kemudian kita klik advanced.

-Kemudian kita beri tanda centang pada use point-to-point encryption kemudian kita klik ok.

-Kemudian kita conneckan ke cpn yang sudah kita buat tadi, maka jika berhasil maka akan  muncul gambar seperti di bawah ini




-Kemudian kita tes dengan mencoba masuk ke mikrotik menggunakan koneksi vpn yang sudah kita setting.


-Jika kita ingin melihat informasinya bisa kita lihat dengan cara klik kanan pada icon wireless, kemudian kita pilih connection information.




7.HASIL DAN KESIMPULAN
Hasilnya saya dapat  menyetting vpn pada mikrotik RB941,VPN biasanya digunakan untuk menghubungkan kantor-kantor yang tersebar dibeberapa tempat dengan menggunakan akses internet. Namun, VPN juga dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti anonimity (menyembunyikan identitas) atau mem-bypass firewall (termasuk mem-bypass content filtering).
Kendala saya dalam mengkonfigurasi vpn ini adalah saya kesulitan dalam menentukan mana ip untuk localaddressnya dan remoteipnya, jadi dalam mengkonfigurasi ini, sangat diperlukan ketelitian. dan juga dalam mengkonfigurasi vpn ini kita harus tau telebih dahulu apa tujuan kita mengkonfigurasi vpn ini, dan bagaimana cara kerja vpn ini, maka setelah kita memahami bagaimana konsep vpn dan apakah tujuan kita mengkonfigurasi vpn ini, maka saat mengkonfigurasi vpn ini kita tidak akan kebingungan.

8.REFERENSI
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=43

Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih.

Om Shanti Shanti Shanti Om

0 komentar:

Posting Komentar