Minggu, 22 Januari 2017

Setting Wireless Repeater Pada Mikrotik RB941

Om Swastyastu

Hay sobat,,,
Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menyetting wireless repeater pada mikrotik RB941. tapi kita harus tau terlebih dahulu apa itu repeater.

1.PENGERTIAN

Repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal dan mentransmisikan kembali. Repeater digunakan untuk memperluas transmisi sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh atau diterima di sisi lain dari obstruksi.
 
2.LATAR BELAKANG
 Latar belakang saya menyetting wirelless repeater ini adalah karena susahnya mendapat koneksi yang sinyalnya kuat, jadi dengan menggunakan konsep wirreless repeater ini maka jika kita menerapkan konsep wirreless repeater ini maka sangat berguna, misalnya di sekolah kita areanya cukup luas tapi tidak semua siswa mendapatkan koneksi yang cukup, jadi dengan adanya konsep wireless repeater ini maka siswa akan mendapatkan koneksi internet.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya menyetting wirelesss repeater ini adalah untuk memperluas cangkupan jaringan internet dan memperkuat sinyal wifinya sehingga akan lebih banyak host yang dapat terhubung ke internet menggunakan hotspot kita.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Mikrotik yang sudah di upgrade
  • kabel utp
  • koneksi 
5.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
Jangka waktu yang dibutuhkan untuk menyetting wirelless pada mikrotik RB941 adalah 20 menit

6.TAHAP PELAKSANAAN
 -Tahap pertama kita masuk ke mikrotik melalui winbox kemudian kita masuk ke menu wirelless, kemudian kita aktifkan wirelessnya dengan cara klik tanda centang,setelah itu kita klik 2 kali pada wireless tersebut.


- Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, kemudian kita klik scan setelah itu kita pilih mana yang akan dijadikan sumbernya, kemudian kita klik connect


-Agar interfaces wlan1 satu dapat terhubung dan meneruskan sinyal dari pusatnya maka kita akan menyetting DHCP Client dengan cara masuk ke ip =>DHCP Client

- Kemudian kita arahkan interfacesnya ke wlan1.


-Pastikan wlan1 mendapatkan ip secara otomatis pada wlan dari pusatnya.


- Setelah kita menghubungkan wlan1 dengan wlan pusat, kita akan meneruskan sinyal dari wlan1 dengan membuat VAP (Virtual Access Point). Jadi VAP ini adalah Virtual yang disediakan oleh mikrotik berupa Access Point. Pertama kita masuk ke Wireless => Klik Add [+] => Virtual.


 -Lalu pada menu wirelles modenya kita ganti dengan ap bridge, SSID kita ganti dengan sesuai dengan apa yang kita inginkan lalu kita apply=>ok


-Selanjutnya kita akan membuat ip untuk wlan2 dengan cara klk ip=>address=>add (+) isikan ipnya lalu arahkan interfacesnya ke wlan2 lalu apply=>ok

-Kemudian kita kita masuk ke menu ip =>DHCP Server =>DHCP Setup


-Kemudian kita arahkan DHCP Server Interfacesnya ke wlan 2 kemudian kita klik next hingga selesai 

-Jika berhasil maka akantampil seperti pada gambar di bawah ini.


-Selanjutnya agar client mendapatkan ip secara otomatis dari mikrotik ini maka kita akan menyetting pada firewallnya dengan cara masuk ke menu ip => firewall pada menu NAT kita klik add (+)


-Maka akan muncul gambar seperti pada gambar di bawah ini, maka pada kolom chain kita pilih scnat, dan out interfacesnya kita arahkan ke wlan1. NAT ini berfungsi merubah alamat IP asal paket dari jaringan natted dengan alamat IP umum. Source NAT senantiasa dikerjakan sesudah routing saat sebelum paket keluar menuju jaringan.

-Dan pada menu Action kita ganti masquerade, lalu kita apply =>ok


-Setelah itu kita conectkan ke nama wirelles yang sudah kita setting tadi yaitu nama SSID nya.


 -Maka jika berhasil akan muncul seperti pada gambar di bawah ini


7.HASIL DAN KESIMPULAN
Hasilnya saya dapat menyetting wirrelless repeater di mikrotik saya dengan kita menyetting wireless repeater ini, repeater akan mengambil sinyal yang ada dari router nirkabel atau titik akses nirkabel dan menyiarkan ulang untuk menciptakan jaringan kedua, sehingga akan lebih banyak host yang terhubung ke mikrotik kita.

8.REFERENSI
https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=en&u=https://en.wikipedia.org/wiki/Repeater&prev=search

Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Om Shanti Shanti Shanti Om

0 komentar:

Posting Komentar