Minggu, 05 Februari 2017

Membuat Portal Untuk Website Karang Taruna Menggunakan Hosting Kita

Om Swastyastu

Hay Sobat Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membuat portal website pada nama hosting kita sendiri, sobat penasaran yuk kita langsung bahas di bawah ini.....

1.PENGERTIAN

 

Layanan web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.Jika dianalogikan, website adalah sebuah bangunan, maka hosting adalah sepetak tanah dan domain adalah alamat dari sepetak tanah tersebut. Sebuah hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan server-server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

2.lATAR BELAKANG
Latar belakang saya membuat portal website ini adalah minimnya informasi tentang organisasi di desa saya, awalnya saya ingin membuat portal yang berisiwebsite tentang sekolah saya tetapi karna teman saya yang terlebih dahulu membuat portal tentang sekolah jadi saya membuat website portal untuk organisasi di desa saya,

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya membuat  portal untuk website ini adalah agar saya tau bagaimana cara membuat portal yang berisikan informasi tentang organisasi karang taruna di desa saya karena kurangnya informasi tentang organisasi tersebut.

4.ALAT DAN BAHAN
  • Laptop
  • Koneksi internet
  • software filezilla dan nama domain
5.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
Waktu yang dibutuhkan untuk membuat portal website ini adalah 45 menit.

6.TAHAP PELAKSANAAN
Tahap pertama kita unzip terlebih dahulu file portal yang akan kita upload


 -Setelah itu kita buka aplikasi filezilla kemudian kita masukkan host,username,password domain/hosting yang telah kita buat, lalu kita klik quickconnect untuk menghubungkan filezilla dengan domain kita.


Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini maka kita klik ok untuk melanjutkan.


-Selanjutnya Kita upload hasil ekstrakkannya dengan cara klik kanan pada nama folder kemudian kita klik upload dan tunggu proses uploadnya.

-Pastikan proses uploadnya tidak ada yang error Jika proses uploadnya sudah selesai maka kita masuk ke hosting kita lalu kita masuk ke file manajer


Lalu Kita Doubleklik Pada Menu public.html


 -Maka akan muncul nama folder yang telah kita upload tadi maka kita double klik pada nama folder tersebut.


-Akan munculisi folder yang kita upload, lalu pada index.html kita klik open

 Setelah itu akan muncul tampilan portal yang telah kita upload tersebut kemudian kita tinggal mengedit portal tersebut,



7.HASIL DAN KESIMPULAN
Hasilnya saya dapat membuat portal yang berisikan website  tentang karang taruna yang saya buat, tapi kendala saya membuat portal website ini adalah ketika mengedit di index.html  nya tidak sesuai, sering hilang scriptnya. Jadi jika membuat portal websitenya kita harus mempunyai cadangan sriptnya agar tidak sia-sia kita mengeditnya.

8.REFERENSI
https://www.hostinger.co.id/

Mungkin cukup sekian yanng dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung

Om Shanti Shanti Shanti Om


0 komentar:

Posting Komentar