Senin, 30 Januari 2017

Konfigurasi VOIP Di Debian 8.6 Jessie Dengan Menggunakan Asterisk

Om Swastyastu

Hay Sobat.......
kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana Konfigurasi VOIP Di Debian 8.6 Jessie. sebelumnya kita akan membahas apa itu VOIP?

1.PENGERTIAN

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Cara Kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

2.LATAR BELAKANG
Latar belakang saya mengkonfigurasi VOIP di Debian8.6 Jessie adalah untuk Memungkinkan user dapat saling berkomunikasi tanpa menggunakan pulsa. VoIP menyediakan layanan jarak jauh dengan media internet, sehingga dari segi biaya juga relatif lebih rendah. VoIP juga bisa melakukan komunikasi telepon antara telepon dengan komputer.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya Mengkonfigurasi VOIP di debian8.6 adalah agar dapat berkomunikasi jarak jauh dengan tarif biaya yang lebih murah daripada menggunakan telepon konvensional.
 
4.ALAT DAN BAHAN 
-Aplikasi Zoiper 
-Koneksi Internet
-Server yang sudah terinstall Debian8.6 jessie

5.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
Jangka waktu yang dibutuhkan untuk mengkonfigurasi VOIP di Debian8.6 Jessie adalah 20 Menit.

6.TAHAP PELAKSANAAN

Tahap pertama kita remote terlebih dahulu server kita melalui ssh


 Lalu kita install asterik dengan perintah #apt-get install asterisk


-Lalu kita akan mengedit file pada /etc/asterisk/sip.conf dengan perintah
#nano /etc/asterisk/sip.conf


-Kemudian kita tambahkan script seperti gambar di bawah ini pada bagian paling bawah,jika sudah maka kita simpan dengan menekan CTRL + X lalu y kemudian tekan Enter


Keterangan:
- [general] = dalam baris ini dan baris dibawahnya anda wajib memasukkannya sebgai perintah umum yang digunakan pada asterisk.
- [123456789/987654321] = dalam baris ini and mengkonfigurasikan user baru yaitu untuk id pengguna layanan VoIP sekaligus no.telp yang digunakan, anda dapat menggantinya sesuai no telp anda.
- secret = berarti password yang akan digunakan untuk login user asterisk.

Selanjutnya kita akan mengedit pada /etc/asterisk/extensions.conf dengan perintah #nano /etc/asterisk/extensions.conf


Kemudian tambahkan skript seperti pada gambar di bawah ini 
[others]  
[myphones] 
exten => 123456789,1,Dial(SIP/123456789) 
exten => 987654321,1,Dial(SIP/987654321)


Kemudian  kita restart dengan perintah  # /etc/init.d/asterisk restart

Untuk mencobanya kita buka aplikasi Zoiper yang sudah kita install kemudian kita klik Settings (di pojok kanan atas) => Pilih yang "Create a new account".


Muncul gambar seperti di bawah ini.Pilih yang "SIP", kemudian next.



Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini maka kita isikan user / user@host dan passwordnya yang sudah kita buat tadi kemudian kita klik next


Maka akan muncul gambar di bawah ini isikan Account name kemudian kita klik next.

Maka kita akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, ini berarti akun kita sudah ditambahkan.


Lalu Langsung saja kita coba untuk telpon di klien, caranya klik di bagian "Dialpad" => ketikan nomor yang sekaligus menjadi user klien 2 => klik bagian "call" kecil yang berwarna hijau.


Berikut hasil akhirnya pada klien





7.KESIMPULAN

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global.

8.REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP dan Ebook Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf

Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih.

Om Shanti Shanti Shanti Om

0 komentar:

Posting Komentar