Minggu, 29 Januari 2017

Installasi Zoiper Di Linux Mint 18

Om Swastyastu

Hai Sobat....
Kali ini saya kan berbagi tentang bagaimana cara menginstall Zoiper di linuxmint 18.

1.PENGERTIAN



Zoiper adalah sebuah softphone, yaitu software program yang untuk membuat panggilan telepon melalui Internet (VoIP) menggunakan komputer tujuan umum, daripada menggunakan hardware khusus. softphone juga dapat diinstal pada sebuah peralatan seperti workstation, komputer portabel, tablet atau bahkan ponsel dan memungkinkan pengguna untuk menempatkan dan menerima panggilan tanpa memerlukan pesawat telepon yang sebenarnya. Sering softphone dirancang untuk berperilaku seperti tradisional telpon, kadang-kadang muncul sebagai gambar dari telepon, dengan panel display dan tombol dengan mana pengguna dapat berinteraksi. Sebuah softphone biasanya digunakan dengan headset terhubung ke kartu suara dari PC, atau dengan telepon USB.
 
2.LATAR BELAKANG
Latar belakang saya menginstall aplikasi Zoiper ini di linux mint 18 adalah karena untuk mengkonfigurasi VOIP maka dibutuhkan  aplikasi zoiper.

3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya menginstall aplikasi zoiper di linux mint 18 adalah agar setiap device dapat saling berkomunikasi tanpa menggunakan pulsa, tetapi menggunakan aplikasi ini.
 
4.ALAT DAN BAHAN
Laptop
File Zoiper bisa di download disini
Koneksi internet

5.JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN
Jangka waktu yang dibutuhkan untuk menginstall zoiper di linux mint 18 adalah agar setiap device dapat saling berkomunikasi tanpa menggunakan pulsa, tetapi menggunakan aplikasi ini.
 
6.TAHAP PELAKSANAAN
-Tahap pertama kita masuk ke direktory tempat penyimpana file zoiper, disini saya meletakkan file zoiper di directory Download,untuk masuk ke direktory tersebut kita bisa masuk ke directory terminal terlebih dahulu dan kia masuk sebagai super user dengan perintah # cd /home/isna/Download


-Setelah itu kita install file zoiper dengan perintah #./Zoiper_3.3_Linux_Free_64Bit.run


-Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini maka untuk melanjutkan installasi bisa kita klik Forward


-Lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini maka untuk menyetujui dari license nya bisa kita pilih I accept the agreement kemudian kita klik forward.


-Kemudian untuk pemilihan komponen bisa kita lanjut dengan memilih forward

-Maka akan muncul gambar seperti pada di bawah ini untuk pemilihan tempat/directory instalasi kita gunakan secara defaultnya saja kemudian kita klik Forward.


-Kemudian aplikasi siap untuk diinstall bisa kita lanjutkan dengan memilih forward.


-Maka tunggu proses installasinya jika sudah selesai maka akan muncul gambar seperti pada gambar di bawah ini,maka kita tinggal klik Finish.


-Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti pada gambar seperti di bawah ini, apakah kita akan login ke aplikasi zoiper atau tidak jika ingin login bisa kita klik yes dan jika ingin menutup aplikasinya bisa kita klik no.


-Dan inilah tampilan aplikasi Zoiper



7.HASIL DAN KESIMPULAN
Hasilnya saya dapat menginstall Zoiper di linux mint 18, dengan menginstall aplikasi zoiper ini di laptop kita maka kita dapat melakukan komunikasi dengan jarak jauh dengan tarif biaya yang lebih murah. Kendala saya dalam menginstall aplikasi Zoiper ini adalah ketika ingin mendownload filenya bingung yang mana serta saat ingin menginstall aplikasi file zoipernya selalu error akhirnya saya update terlebih dahulu dan saya coba kembali dan akhirnya bisa, dan saya kurang teliti dalam menginstall zoipernya, ketika kita menginstall zoiper kita harus teliti agar tidak ada kesalahan dalam menginstall aplikasi zoipernya.

8.REFERENSI
https://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_VoIP_software

Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Om Shanti Shanti Shanti Om



0 komentar:

Posting Komentar