Senin, 05 Desember 2016

Mengkrimping kabel UTP(Straight)

Om Swastyastu

hay kawan..... kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengkrimping kabel UTP baik crosseved maupun kabel straight. Tapi sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengkrimping kabel utp? kita akan membahas terlebih dahulu apa itu kabel UTP.

1.PENGERTIAN


Unshielded twisted-pair (UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.

2.LATAR BELAKANG

karena saya akan praktek untuk mengulangi materi saya tentang mikrotik, maka dari itu saya membutuhkan kabel UTP agar saya dapat praktek mikrotik,kenapa saya menggunakan kabel UTP bukan STP?
karena kabel UTP selain lebih murah harganya tetapi jugalebih fleksibel,serta kinerja yang ditunjukannya relatif bagus.

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan saya mengkrimping kabel agar praktek saya tentang mikrotik lebih lancar,karena salah satu bahan yang harus dipersiapkan untuk praktek kerja tentang mikrotik.

4.ALAT DAN BAHAN

1. Kabel UTP
2. Tangkrimping
3. Lan Tester
4. RJ 45

5.  JANGKA WAKTU YANG DIBUTUHKAN

Jangka waktu yang dibutuhkan adalah 1 jam, karena saya mengkrimping kabel lebih dari satu.

6.TAHAP PELAKSANAAN

1.Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan seperti yang saya jelaskan di atas tadi, kemudian kita kupas kulit kabel utp mengikuti lingkaran kabel tersebut, ingat saat mengupas kabel tersebut jangan ada salah satu kabel tersebut ada yang luka atau tergores karena kan mempengaruhi berhasil atau tidaknya kabell yang  kita kerimping.


-setelah dipotong kita pisahkan 2 warna kabel yang menyatu tersebut.



-kemudian jika sudah terpisah menjadi satu-satu maka kita rapatkan dan susun warana kabel yang ingin kita buat, jika ingin mengkrimping kabel utp staright maka urutkan warnanya yaitu mulai putih orange,orange,putih hijau,biru,putih biru,hijau,putih ciklat,coklat, begitu juga warna pada ujung kabel yang satunya.

                    Hasil gambar untuk kabel straight

tapi pada kabel yang crossever,salah satu ujungnya dengan urutan warna sama seperti kabel straight sedangkan ujungnya salah satu ujunngnya lagi dengan urutan, putih hijau,hijau,putih orange,biru,putih biru,orange ,putih coklat,coklat.





                                             
-setelah di urutkan maka ratakan kabel yang telah kita urutkan tadi,dengan mengunakan tangkrimping

 


-setelah rata maka masukkan urutan kabel tersebut di RJ45 yang telah kita siapkan tadi.




-kemudian kita krimping dengan menggunakan tangkrimping, sampai berbunyi tet.



-jika sudah maka lakukan hal yang sama pada ujung kabel yang satunya jika kita mengkrimping kabel straight,




-jika sudah maka kita tes menggunakan LAN Tester, jika warnanya hidup sampai angka 8 dan berurutan maka artinya sudah berhasil.


7.HASIL DAN KESIMPULAN

Fungsi kabel jaringan UTP telah dirasakan oleh banyak orang karena pengaplikasiannya memang sangat baik untuk digunakan sebagai kabel jaringan komputer. Beberapa tempat yang sudah memanfaatkan fungsi kabel jaringan UTP diantaranya yaitu perumahan, perkantoran dan beberapa perusahaan kecil. 

setelah saya mengkrimping kabel utp (straight) maka saya dapat melanjutkan program saya yaitu praktek tentang konfigurasi dasar mikrotik, membuat hotspot dan lain-lain.

8.REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Pasangan_berpilin



cukup sekian yang dapat saya bagikan,semoga bermanfaat dan terima kasih.

Om Shanti Shanti Shanti Om



 














0 komentar:

Posting Komentar