Mengenal Apa Itu SOP.
Om Swastyastu
hai sobat......
Kali ini saya akan berbagi tentang apa itu sop,sebelumnya sobat mungkin penasaran apa itu sop? sop itu yang pasti bukan sop ayam,atau sejenis makanan lainnya? tapi sobat penasaran pa itu sop untuk seorang teknisi? yuk langsung saja kita ke bahas di bawah.....!!!!
1.PENGERTIAN

Prosedur operasi standar (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.
2.LATAR BELAKANG
Latar belakang saya mempelajari sop ini adalah karena dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan teknis, saya sering tidak sesuai dengan standarnya jadi dengan mempelajari ini saya menjadi tau bagaimana standarisasi dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan teknisi.
3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya dalam mempelajari sop dan manajemen proyek adalah Agar saya dapat menerapkan sop ketika saya bekerja sebagai teknisi,sehingga akan menguragi tingkat kesalahan dalam bekerja.
4.MATERI PEMBAHASAN
A.Apa itu SOP?
Prosedur operasi standar, atau SOP, adalah satu set instruksi langkah-demi-langkah yang disusun oleh organisasi untuk membantu pekerja melaksanakan operasi rutin. SOP bertujuan untuk mencapai efisiensi, kualitas output dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan untuk mematuhi peraturan industri .The militer AS kadang-kadang menggunakan standing jangka - daripada standar - prosedur operasi, karena SOP militer mengacu pada prosedur yang unik unit, yang tidak selalu standar ke unit lain. "Standard" bisa menyiratkan bahwa ada satu (standar) prosedur yang akan digunakan di seluruh unit.
B.Manfaat Standar Operasional Prosedur
C.Tujuan Standar Operasional Prosedur
D.Fungsi Standar Operasional Prosedur
E.SOP Merupakan Produk Hukum
SOP harus diyakini sebagai persetujuan yang dibuat lembaga pemerintahan dalam Aturan, Surat keputusan, Memo yang secara juridis syah. Dengan kata lain suatu SOP yang hendak dipakai harus terlebih dulu dibuat Sknya. Ini penting, karena SOP merupakan suatu produk hukum, atau paling tidak merupakan Juknis dalam internal lembaga tersebut. Pengingkaran terhadap SOP dapat merupakan pelanggaran hukum dan dapat dituntut secara hukum, untuk menilai pengingkaran perlu menusuri atau mengidentifikasi pelaksanaan SOP dan pembuktiannya,misalnya, seorang Polisi detasemen 88 menembak mati seorang teroris, tanpa ada peringatan, ini merupakan kesalahan prosedur, Polisi dapat dituntut secara hukum; Seorang pegawai menggunakan stempel kantor, tanpa ada pemberitahuan atau paraf dari kasubag, merupakan pelanggaran prosedur; Seorang mahasiswa riset melaksanakan pengambilan data tanpa persetujuan pembimbing skripsi, juga merupakan pelanggaran prosedur, dan dapat diberi sanksi.
F. Siapa Semestinya Menulis SOP
Seorang atau kelompok pembuat SOP hendaklah mempunyai tingkat pengetahuan lebih akurat dan pernah mengalami perkerjaan tersebut. Seandainya Pembuat SOP dekat dengan pekerjaan, uraian prosedur akan lebih komunikatif, efisien, efektif dan sesuai dengan kebutuhan kerja. Banyak prosedur tidak dirancang dan tidak dikembangkan secara akurat dan ilmiah. Metode pengujian dapat dipakai antara lain, metode standard ISO; dan dari beberapa operasi standar ISO dapat dipakai dalam pembuatan SOP.
G.IMPLEMENTASI SOP
Proses implemenatsi SOP termasuk setiap langkah yang dibutuhkan untuk memeprkenalkan SOP kepada setiap orang yang terlibat dalam SOP tersebut dan menjadikan SOP sebagai bagian penting dalam setiap operasi rutin. Proses implementasi harus dirancang sedemikian rupa untuk memastikan bahwa :
1.Setiap orang dalam perusahaan mendapat informasi dan penjelasan mengenai SOP yang telah diperbaiki ataupun SOP yang baru.
2.Rekapan dokumen SOP didistribusikan sesuai dengan kebutuhan dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh anggota perusahaan, terutama yang terlibat langsung dalam SOP tersebut.
3.Setiap personil dalam perusahaan mengerti peran dan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menerapkan SOP dengan benar dan efektif termasuk pemahaman mengenai konsekuensi jika terjadi kesalahan dalam penerapan SOP tersebut.
4.Terdapat personil yang bertanggung jawab untuk mengawasi jalannya proses, mengidentifikasi permasalahan – permasalahan yang mungkin terjadi dan memberikan dukungan dalam proses implementasi SOP tersebut.
5. KESIMPULAN
SOP sebagai standar yang dijadikan acuan dalam proses pelaksanaan tugas keseharian organisasi, pengembangan SOP bukan kegiatan yang langsung jadi (instan), tapi memerlukan peninjauan berulang kali sebelum akhirnya menjadi SOP yang valid dan reliable. Jadi SOP sangat diperlukan dan bermanfaat untuk karyawan perusahaan sehingga akan mengurangai kesalahan ketika akan melakukan pekerjaan.
6.REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur_operasi_standar
Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Om Shanti Shanti Shanti Om
hai sobat......
Kali ini saya akan berbagi tentang apa itu sop,sebelumnya sobat mungkin penasaran apa itu sop? sop itu yang pasti bukan sop ayam,atau sejenis makanan lainnya? tapi sobat penasaran pa itu sop untuk seorang teknisi? yuk langsung saja kita ke bahas di bawah.....!!!!
1.PENGERTIAN

Prosedur operasi standar (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.
2.LATAR BELAKANG
Latar belakang saya mempelajari sop ini adalah karena dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan teknis, saya sering tidak sesuai dengan standarnya jadi dengan mempelajari ini saya menjadi tau bagaimana standarisasi dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan teknisi.
3.MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya dalam mempelajari sop dan manajemen proyek adalah Agar saya dapat menerapkan sop ketika saya bekerja sebagai teknisi,sehingga akan menguragi tingkat kesalahan dalam bekerja.
4.MATERI PEMBAHASAN
A.Apa itu SOP?
Prosedur operasi standar, atau SOP, adalah satu set instruksi langkah-demi-langkah yang disusun oleh organisasi untuk membantu pekerja melaksanakan operasi rutin. SOP bertujuan untuk mencapai efisiensi, kualitas output dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan untuk mematuhi peraturan industri .The militer AS kadang-kadang menggunakan standing jangka - daripada standar - prosedur operasi, karena SOP militer mengacu pada prosedur yang unik unit, yang tidak selalu standar ke unit lain. "Standard" bisa menyiratkan bahwa ada satu (standar) prosedur yang akan digunakan di seluruh unit.
B.Manfaat Standar Operasional Prosedur
- Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
- Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
- Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
- Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada interfensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
- Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
- Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
- Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
- Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
- Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
- Memberikan informasi mengenai beban tugas yangdipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
C.Tujuan Standar Operasional Prosedur
- Agar petugas pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
- Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
- Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas pegawai terkait.
- Melindungi organisasi unit kerja dan petugas pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
- untuk menghindari kegagalan, kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
D.Fungsi Standar Operasional Prosedur
- Memperlancar tugas petugas pegawai atau tim unit kerja.
- Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
- Mengetahui dengan jelas hambatan!hambatannya dan mudah dilacak
- Mengarahkan petugas pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
E.SOP Merupakan Produk Hukum
SOP harus diyakini sebagai persetujuan yang dibuat lembaga pemerintahan dalam Aturan, Surat keputusan, Memo yang secara juridis syah. Dengan kata lain suatu SOP yang hendak dipakai harus terlebih dulu dibuat Sknya. Ini penting, karena SOP merupakan suatu produk hukum, atau paling tidak merupakan Juknis dalam internal lembaga tersebut. Pengingkaran terhadap SOP dapat merupakan pelanggaran hukum dan dapat dituntut secara hukum, untuk menilai pengingkaran perlu menusuri atau mengidentifikasi pelaksanaan SOP dan pembuktiannya,misalnya, seorang Polisi detasemen 88 menembak mati seorang teroris, tanpa ada peringatan, ini merupakan kesalahan prosedur, Polisi dapat dituntut secara hukum; Seorang pegawai menggunakan stempel kantor, tanpa ada pemberitahuan atau paraf dari kasubag, merupakan pelanggaran prosedur; Seorang mahasiswa riset melaksanakan pengambilan data tanpa persetujuan pembimbing skripsi, juga merupakan pelanggaran prosedur, dan dapat diberi sanksi.
F. Siapa Semestinya Menulis SOP
Seorang atau kelompok pembuat SOP hendaklah mempunyai tingkat pengetahuan lebih akurat dan pernah mengalami perkerjaan tersebut. Seandainya Pembuat SOP dekat dengan pekerjaan, uraian prosedur akan lebih komunikatif, efisien, efektif dan sesuai dengan kebutuhan kerja. Banyak prosedur tidak dirancang dan tidak dikembangkan secara akurat dan ilmiah. Metode pengujian dapat dipakai antara lain, metode standard ISO; dan dari beberapa operasi standar ISO dapat dipakai dalam pembuatan SOP.
G.IMPLEMENTASI SOP
Proses implemenatsi SOP termasuk setiap langkah yang dibutuhkan untuk memeprkenalkan SOP kepada setiap orang yang terlibat dalam SOP tersebut dan menjadikan SOP sebagai bagian penting dalam setiap operasi rutin. Proses implementasi harus dirancang sedemikian rupa untuk memastikan bahwa :
1.Setiap orang dalam perusahaan mendapat informasi dan penjelasan mengenai SOP yang telah diperbaiki ataupun SOP yang baru.
2.Rekapan dokumen SOP didistribusikan sesuai dengan kebutuhan dan dapat diakses dengan mudah oleh seluruh anggota perusahaan, terutama yang terlibat langsung dalam SOP tersebut.
3.Setiap personil dalam perusahaan mengerti peran dan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk menerapkan SOP dengan benar dan efektif termasuk pemahaman mengenai konsekuensi jika terjadi kesalahan dalam penerapan SOP tersebut.
4.Terdapat personil yang bertanggung jawab untuk mengawasi jalannya proses, mengidentifikasi permasalahan – permasalahan yang mungkin terjadi dan memberikan dukungan dalam proses implementasi SOP tersebut.
5. KESIMPULAN
SOP sebagai standar yang dijadikan acuan dalam proses pelaksanaan tugas keseharian organisasi, pengembangan SOP bukan kegiatan yang langsung jadi (instan), tapi memerlukan peninjauan berulang kali sebelum akhirnya menjadi SOP yang valid dan reliable. Jadi SOP sangat diperlukan dan bermanfaat untuk karyawan perusahaan sehingga akan mengurangai kesalahan ketika akan melakukan pekerjaan.
6.REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur_operasi_standar
Mungkin cukup sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Om Shanti Shanti Shanti Om
0 komentar:
Posting Komentar